TIPS PANDUAN DASAR KESELAMATAN RODA 2
5. JAGA
JARAK AMAN SAAT BERKENDARA
1.DALAM KONDISI
KERING JARAK AMAN = 2 DETIK
Kecepatan 60
km/jam = Anda berpindah sejauh
16.7 meter / detik !!!
6. KECEPATAN, DAYA TUBRUK & ILUSTRASI
Semakin
tinggi kecepatan, semakin besar daya tubruk yang akan diterima. Ilustrasi di
bawah bisa dijadikan patokan untuk memahami hubungan
kecepatan dan daya tubruk.
Tabel di
atas menggambar kan daya tubruk pada kecepatan:
- 60 km/jam = jatuh dari gedung l antai 5
- 70 km/jam = jatuh dari gedung l antai 7
- 90 km/jam = jatuh dari gedung l antai 10
7. BAN ANDA
SLIP
SLIP:
Kondisi ban mengunci saat motor masih melaju atau bergerak
• Dalam kondisi normal, Anda melakukan
pengereman dalam kondisi kendaraan tegak dan saat di jalan lurus. Rem dengan
halus dan gunakan rem depan terlebih dahulu kemudian rem belakang.
• Dalam kondisi darurat dan jalan basah, akan
mudah terjadi slip. Maka, hindari mengerem dengan kuat yang bisa menyebabkan
slip dan sulit unutk mengembalikan kontrol motor Anda.
Jika Anda
tidak memiliki rem ABS (Anti Lock Brake) dan ban Anda Slip:
• Lepas rem Anda sehingga ban Anda bisa
berputar
• Rem lagi dengan lembut, jangan rem dengan
keras sampai Anda bisa mengontrol kembali motor Anda.
Penyebab
slip:
• Merubah arah secara tiba-tiba dan ngebut
• Menarik gas full secara langsung
• Mengerem dengan kuat
• Gabungan dari ketiga diatas.
8.
BERMANUVER DI JALAN
Sebelum
Anda Bermanuver / berpindah / bergerak,
Anda Harus:
1. Gunakan
spion Anda dn cek bagaimana aksi Anda akan menyebabkan efek kepada lalulintas
di belakang Anda
2. Gunakan
lampu sign / lampu sen
3.
“Menoleh” kebelakang sebagai pengecekan terakhir pada blind spot Anda
Blind spot
adalah area di sekeliling Anda , yang tidak bisa dilihat menggunakan kaca spion
9. MENYALIP
DAN PERSYARATANNYA
PERSYARATAN
SEBELUM MENYALIP:
1. AMAN,
LEGAL / SAH & PENTING
2. Anda
punya cukup waktu untuk menyalip dengan sempurna
SEBELUM
MENYALIP:
Lakukan
observasi sebagai aktifitas penting saat Anda menyalib kendaraan lain. Pastikan
Anda bisa melihat jalan didepan dengan jelas dan perhatikan:
• Kendaraan yang datang dari depan
• Apakah Anda mendekati perempatan, kendaraan
akan datang dari perempatan
• Apakah jalan di depan menyempit, sehingga
tidak ada cukup ruang untuk menyalip.
• Di tikungan, sehingga Anda tidak bisa melihat
kendaraan yang datang dari depan
• Rambu lalu lintas “Dilarang menyalip” dan
marka jalan yang tidak putus-putus.
10. CUACA
(HUJAN, BERKABUT DAN TERIK)
HUJAN
DISERTAI PETIR
Jika anda
memaksa untuk melaju saat hujan disertai petir hal ini cukup berisiko
dikarenakan petir bersifat ionik yang
cenderung menyambar objek bermuatan netral seperti pohon, besi dan tubuh
manusia. Agar anda tidak tersambar petir , sebaiknya anda berteduh sejenak
sampai hujan reda.

Nyalakan
lampu depan,
Jarak pandang pengendara
ketika hujan pada umumnya menjadi berkurang, hal ini cukup berbahaya jika motor
anda melaju di jalanan yang cukup padat. Dengan menyalakan lampu depan,
pengendara motor atau mobil di depan anda dapat melihat keberadaan motor anda
dari kaca spion
yang memantulkan cahaya dari
lampu depan motor anda.
- PERMUKAAN JALAN
11. PERHATIKAN
KONDISI MEDAN YANG DILALUI:
• Permukaan aspal kasar, tanah, berbatu.
• Permukaan yang tidak rata
• Ada tumpahan minyak
• Perbaikan jalan
• jalan yang dicat sebagai marka jalan (bus
way, dll)
• Dll
12. MELIHAT
DAN TERLIHAT
Anda harus
melihat pengguna jalan lain setiap saat Anda sedang berkendara. Perhatikan apa
yang akan dilakukan oleh pengendara lain dan siap-siaplah untuk menghindar.
Sebelum
menghindari bahaya didepan:
• Lihat kaca spion, tentukan arah aman manuver
Anda
• Hindari bahaya di depan dengan aman
Keterangan:
Area (KIRI)
Area yang bisa Anda lihat (melalui mata dan kaca spion)
Area (KANAN)
Blind spot, adalah area di sekelilling Anda dimana tidak bisa dilihat
menggunakan / melalui
kaca spion KACA SPION
TIP:
Jika lengan
Anda mengganggu pandangan Anda ke kaca spion, Gunakanlah gagang / batang spion
yang lebih panjang, sehingga memberikan pandangan yang terbaik di belakang Anda
14. TERLIHAT OLEH PENGENDARA LAIN
Pengguna
jalan selain Anda
cukup sulit melihat
pengendara roda dua (Anda), oleh karena itu sangatlah penting memastikan
Anda terlihat.
• Gunakan
helm yang berwarna
terang dan pakaian
yang memantulkan cahaya atau ada tambahan strip
• Nyalakan lampu depan, agar Anda mudah
terlihat
• Di malam hari, pakailah rompi yang bisa
memantulkan cahaya agar Anda terlihat dari jarak yang cukup jauh
• Dimana saat Anda tidak terlihat, gunakanlah
klakson Anda.
15.
BERKENDARA DI PERSIMPANGAN JALAN
• Jangan menerobos lampu merah
• Berhenti ditempat yang benar
• Dahulukan lalu lintas dari arah kanan
• Periksa lalu lintas dari arah kiri-kanan,
depan dan belakang
• Ketika memulai start, baik setelah lampu
merah atau lainnya, jangan memotong jalan.
Sepeda motor didesain hanya untuk membawa 2
orang, yaitu pengemudi
dan pembonceng. Hal
ini terkait dengan kekuatan
struktur, ketersediaan dan kenyamanan tempat duduk serta keamanan pada saat
mengendalikan motor dengan jumlah lebih dari 2 orang.
1.Pembonceng tidak duduk miring diatas jok
motor
3.Posisi duduk pembonceng yang di belakang
akan lebih dekat ke roda dan rantai, hindari menggunakan celana yang berumbai
atau rok lebar sehingga berpotensi tersangkut kedalam roda atau rantai.
17.
GANGGUAN-GANGGUAN
•Jangan mendengarkan music
•Pastikan HP Anda dalam kondisi OFF
•Berhentilah di tempat aman, sebelum Anda
melakukan hal-hal berikut: (1) Menerima & membaca pesan. (2) Membuat panggilan(3) Mengirim pesan(4) Online yang lainnya.
•Perawatan secara rutin harus dilakukan
untuk memastikan motor Anda aman dan layak di jalan.
•Dengan
perawatan rutin, juga memastikan motor Anda hemat bahan
bakar dan ramah lingkungan
•Lihat buku petunjuk dari produsen motor Anda


(1)Cek rantai,
agar tidak terjadi loncatan gigi,(2)Tambahkan
tekanan angin, bila Anda membawa penumpang(3) Cek tinggi
kembang, Bila Anda mengganti ban luar, sebaiknya ganti juga ban dalam
BAGIAN YANG
PERLU DI CHECK DAN DI LAKUKAN PERAWATAN SECARA RUTIN
- Control: Check fungsi indicator dan pastikan berfungsi baik
- Sistem kelistrikan: Check accu, tombol-tombol, lampu, klakson.
- Lampu & Plat Nomor: Patikan lampu berfungsi baiik dan Plat Nomor bersih
- Mesin dan transmisi:Check level oli, air pendingin, transmisi, air filter, oil filter, rem belakang, busi.
- Suspensi dan kemudi: Check suspensi, kemudi, roda-roda (tekanan dan kembang), rem depan, bearing.
KEY POINTS
1. Keselamatan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari seluruh kegiatan Anda.
2. Persiapan sebelum berkendara & perilaku berkendara yang aman menjadi tanggung jawab bagi setiap pengendara.










Comments