TIPS PANDUAN DASAR KESELAMATAN RODA 2

5. JAGA JARAK AMAN SAAT BERKENDARA

yonatajapungari.blogspot.com
1.DALAM KONDISI KERING JARAK AMAN = 2 DETIK


yonatajapungari.blogspot.com
Kecepatan 60 km/jam = Anda berpindah sejauh 16.7 meter / detik !!!






yonatajapungari.blogspot.com2.DALAM KONDISI BASAH = 4 DETIK






6. KECEPATAN, DAYA TUBRUK & ILUSTRASI
Semakin tinggi kecepatan, semakin besar daya tubruk yang akan diterima. Ilustrasi  di  bawah  bisa  dijadikan patokan untuk memahami hubungan kecepatan dan daya tubruk. 
yonatajapungari.blogspot.com  

Tabel di atas menggambar kan daya tubruk pada kecepatan:
  • 60 km/jam = jatuh dari gedung l antai 5
  • 70 km/jam = jatuh dari gedung l antai 7
  • 90 km/jam = jatuh dari gedung l antai 10


7. BAN ANDA SLIP
SLIP: Kondisi ban mengunci saat motor masih melaju atau bergerak
•  Dalam kondisi normal, Anda melakukan pengereman dalam kondisi kendaraan tegak dan saat di jalan lurus. Rem dengan halus dan gunakan rem depan terlebih dahulu kemudian rem belakang.
•  Dalam kondisi darurat dan jalan basah, akan mudah terjadi slip. Maka, hindari mengerem dengan kuat yang bisa menyebabkan slip dan sulit unutk mengembalikan kontrol motor Anda.
Jika Anda tidak memiliki rem ABS (Anti Lock Brake) dan ban Anda Slip:
•  Lepas rem Anda sehingga ban Anda bisa berputar
•  Rem lagi dengan lembut, jangan rem dengan keras sampai Anda bisa mengontrol kembali motor Anda.
Penyebab slip:
•  Merubah arah secara tiba-tiba dan ngebut
•  Menarik gas full secara langsung
•  Mengerem dengan kuat
•  Gabungan dari ketiga diatas.




8. BERMANUVER DI JALAN
Sebelum Anda Bermanuver / berpindah / bergerak, 
Anda Harus:
1. Gunakan spion Anda dn cek bagaimana aksi Anda akan menyebabkan efek kepada lalulintas di belakang Anda
2. Gunakan lampu sign / lampu sen
3. “Menoleh” kebelakang sebagai pengecekan terakhir pada blind spot Anda
Blind spot adalah area di sekeliling Anda , yang tidak bisa dilihat menggunakan kaca spion


9. MENYALIP DAN PERSYARATANNYA
PERSYARATAN SEBELUM MENYALIP:
1. AMAN, LEGAL / SAH & PENTING
2. Anda punya cukup waktu untuk menyalip dengan sempurna
yonatajapungari.blogspot.com


SEBELUM MENYALIP:
Lakukan observasi sebagai aktifitas penting saat Anda menyalib kendaraan lain. Pastikan Anda bisa melihat jalan didepan dengan jelas dan  perhatikan:
•  Kendaraan yang datang dari depan
•  Apakah Anda mendekati perempatan, kendaraan akan datang dari perempatan
•  Apakah jalan di depan menyempit, sehingga tidak ada cukup ruang untuk menyalip.
•  Di tikungan, sehingga Anda tidak bisa melihat kendaraan yang datang dari depan
•  Rambu lalu lintas “Dilarang menyalip” dan marka jalan yang tidak putus-putus.




10. CUACA (HUJAN, BERKABUT DAN TERIK)

HUJAN DISERTAI PETIR
yonatajapungari.blogspot.com
Berteduhlah jika hujan disertai petir
Jika anda memaksa untuk melaju saat hujan disertai petir hal ini cukup berisiko dikarenakan petir bersifat ionik  yang cenderung menyambar objek bermuatan netral seperti pohon, besi dan tubuh manusia. Agar anda tidak tersambar petir , sebaiknya anda berteduh sejenak sampai hujan reda

yonatajapungari.blogspot.com
Nyalakan lampu depan,
Jarak pandang pengendara ketika hujan pada umumnya menjadi berkurang, hal ini cukup berbahaya jika motor anda melaju di jalanan yang cukup padat. Dengan menyalakan lampu depan, pengendara motor atau mobil di depan anda dapat melihat keberadaan motor  anda   dari   kaca  spion  yang   memantulkan cahaya dari lampu depan motor anda.

  • PERMUKAAN JALAN
11. PERHATIKAN KONDISI MEDAN YANG DILALUI:

•  Permukaan aspal kasar, tanah, berbatu.
•  Permukaan yang tidak rata
•  Ada tumpahan minyak
•  Perbaikan jalan
•  jalan yang dicat sebagai marka jalan (bus way, dll)
•  Dll


12. MELIHAT DAN TERLIHAT


Anda harus melihat pengguna jalan lain setiap saat Anda sedang berkendara. Perhatikan apa yang akan dilakukan oleh pengendara lain dan siap-siaplah untuk menghindar.
YONATAJAPUNGARI.BLOGSPOT.COM
Prinsip:
Sebelum menghindari bahaya didepan:
•   Lihat kaca spion, tentukan arah aman manuver Anda
•   Hindari bahaya di depan dengan aman


Keterangan:
Area (KIRI) Area yang bisa Anda lihat (melalui mata dan kaca spion)
Area (KANAN) Blind spot, adalah area di sekelilling Anda dimana tidak bisa dilihat menggunakan / melalui kaca spion KACA SPION


TIP:
Jika lengan Anda mengganggu pandangan Anda ke kaca spion, Gunakanlah gagang / batang spion yang lebih panjang, sehingga memberikan pandangan yang terbaik di belakang Anda

14. TERLIHAT OLEH PENGENDARA LAIN
Pengguna jalan  selain  Anda  cukup  sulit  melihat  pengendara roda dua (Anda), oleh karena itu sangatlah penting memastikan Anda terlihat.
•  Gunakan  helm  yang  berwarna  terang  dan  pakaian  yang memantulkan cahaya atau ada tambahan strip
•  Nyalakan lampu depan, agar Anda mudah terlihat
•  Di malam hari, pakailah rompi yang bisa memantulkan cahaya agar Anda terlihat dari jarak yang cukup jauh
•  Dimana saat Anda tidak terlihat, gunakanlah klakson Anda.

15. BERKENDARA DI PERSIMPANGAN JALAN
 Perhatikan kendaraan yang datang dari kiri, kanan, depan dan belakang serta pastikan tidak ada kendaraan yang mengikuti anda dengan jarak yang sangat dekat.
•     Jangan menerobos lampu merah
•     Berhenti ditempat yang benar
•     Dahulukan lalu lintas dari arah kanan
•     Periksa lalu lintas dari arah kiri-kanan, depan dan belakang
•     Ketika memulai start, baik setelah lampu merah atau lainnya, jangan memotong jalan.

 16. BERKENDARA DENGAN BERBONCENGAN
yonatajapungari.blogspot.com
  Sepeda motor didesain hanya untuk membawa 2 orang, yaitu   pengemudi   dan  pembonceng.   Hal   ini   terkait dengan kekuatan struktur, ketersediaan dan kenyamanan tempat duduk serta keamanan pada saat mengendalikan motor dengan jumlah lebih dari 2 orang.
1.Pembonceng tidak duduk miring diatas jok motor
2.Perintahkan pembonceng untuk selalu berpegangan kepada pengendara.
3.Posisi duduk pembonceng yang di belakang akan lebih dekat ke roda dan rantai, hindari menggunakan celana yang berumbai atau rok lebar sehingga berpotensi tersangkut kedalam roda atau rantai.


17. GANGGUAN-GANGGUAN
•Jangan mendengarkan music
•Pastikan HP Anda dalam kondisi OFF
•Berhentilah di tempat aman, sebelum Anda melakukan hal-hal berikut: (1) Menerima & membaca pesan. (2) Membuat panggilan(3) Mengirim pesan(4) Online yang lainnya.

 18. PERAWATAN SEPEDA MOTOR
 Untuk menunjang keselamatan di jalan, motor Anda memerlukan perawatan secara rutin:
•Perawatan secara rutin harus dilakukan untuk memastikan motor Anda aman dan layak di jalan.
•Dengan    perawatan    rutin,    juga memastikan motor Anda hemat bahan bakar dan ramah lingkungan
•Lihat buku petunjuk dari produsen motor Anda
 

(1)Cek rantai, agar tidak terjadi loncatan gigi,(2)Tambahkan tekanan angin, bila Anda membawa penumpang(3) Cek tinggi kembang, Bila Anda mengganti ban luar, sebaiknya ganti juga ban dalam

BAGIAN YANG PERLU DI CHECK DAN DI LAKUKAN PERAWATAN SECARA RUTIN
  • Control: Check fungsi indicator dan pastikan berfungsi baik
  • Sistem kelistrikan: Check accu, tombol-tombol, lampu, klakson.
  • Lampu & Plat Nomor: Patikan lampu berfungsi baiik dan Plat Nomor bersih
  • Mesin dan transmisi:Check level oli, air pendingin, transmisi, air filter, oil filter, rem belakang, busi.
  • Suspensi dan kemudi: Check suspensi, kemudi, roda-roda (tekanan dan kembang), rem depan, bearing.



KEY POINTS

1.  Keselamatan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari seluruh kegiatan Anda.

2.  Persiapan sebelum berkendara & perilaku berkendara  yang aman menjadi tanggung jawab bagi setiap pengendara.


Terima kasih.
Anda ditunggu oleh keluarga di
rumah dengan selamat


HALAMAN PERTAMA KLIK DISINI


Comments

Popular posts from this blog

The Essential Guide to Personal Finance Management: Strategies for a Secure Financial Future

Investment Planning: A Comprehensive Guide to Building Wealth and Securing Your Financial Future

Budgeting Strategies: Mastering the Art of Financial Planning